Rabu, 25 April 2018

Paradox

Paradox



majidnur.id Menurut wikipedia paradox adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (Apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian, dasar pemikiran, alasan, (2) Asumsi, (3) kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar penarikan kesimpulan di logika), yang diakui kebenaranya yang bertolakdari suatu pernyataan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Biasanya baik pernyataan dalam pertanyaan tidak termasuk kontradiksi, hasil yang membingungkan bukan sebuah kontradiksi, atau “Premis”nya tidak sepenuhnya betul (Atau, tidak dapat semuanya betul). Dengan kata lain, paradox adalah suatu situasi dimana dua arus logika bertabrakan sehingga menimbulkan kontradiksi yang membingungkan.

Contoh paradox

Paradox Pembohong
Dilan adalah orang indonesia, dilan mengatakan bahwa bahwa semua orang indonesia adalah pembohong. Jika perkataan dilan benar, maka dilan bukan pembohong, berarti apa yang dikatakanya tidak benar. Jika apa yang dikatakanya tidak benar, Dilan adalah pembohong, maka yang dikatakanya adalah benar, Jadi apakah dilan pembohong atau bukan.

Paradox Penculik
Gru adalah penculik, dan suatu hari ia menculik seorang anak. Gru berkata pada ayah anak tersebut jika ia akan mengembalikan anak itu apabila sang ayah dapat menebak hal apa yang akan gru lakukan pada anak tersebut. Sang ayah menebak “Gru tidak akan mengembalikan anaknya”. Paradox dimulai disini. jika gru tidak mengembalikan anak tersebut, maka tebakan sang ayah benar. Jika tebakan sang ayah benar, maka gru harus mengembalikan anak tersebut,tapi jika gru mengembalikan anak tersebut, maka tebakan ayah menjadi salah. Jika tebakan sang ayah salah, maka gru tidak harus mengembalikan anak tersebut. Dan jika gru tidak mengembalikan anak tersebut, maka tebakan ayah menjadi benar, begitu seterusnya hingga kita bingung apa yang harus dilakukan oleh gru

Paradox Pinokio
Apa yang terjadi jika pinokio berkata “Hidungku akan memanjang sekarang”. Bila benar hidungnya memanjang, maka pinokio berkata jujur. Tapi jika pinokio berkata jujur, maka hidungnya tidak akan memanjang. Bila hidungnya tidak memanjang, berarti perkataan pinokio bohong,bila pinokio berkata bohong maka hidungnya akan memanjang, tapi jika hidungnya memanjang, berarti pinokio telah berkata jujur.  Jadi bagaiman? Apa yang akan terjadi?

Paradox kebebasan
Disuatu tempat ada aturan yang mengatakan “Setiap orang bebas melakukan apapun tanpa terkecuali”. Konsekuensi logisnya adalah, setiap orang berhak menghapus aturan tersebut dan menggantinya dengan aturan yang mengekang. Jadi pertanyaanya adalah “Apakah ditempat tersebut ada kebebasan? Apa esensi “Kebebasan” dari peraturan tersebut?”

Paradox Identitas
Apa itu identitas? Apakah identitas terkait dengan fisik? Coba bayangkan ketika anda membeli 1 unit mobil kemudian anda mempertahankan mobil tersebut selama bertahun-tahun dan menggunakanya kemanapun anda pergi. Perlahan-lahan bagian mobil tersebut rusak dan anda menggantinya dengan komponen baru. Sedikit demi sedikit semua komponen lama pada mobil anda telah tergantikan oleh yang baru hingga suatu waktu tidak tersisa lagi komponen lama mobil anda. Pertanyaan timbul, apakah mobil anda yang sekarang masih sama dengan mobil yang anda beli dulu?

Paradox kepastian
Adit berkata, “didunia ini tidak ada sesuatu yang pasti” jarwo membalas “Apakah kamu yakin di dunia ini tidak ada yang pasti?”, adit menjawab, Aku yakin sekali di dunia ini tidak ada sesuatu yang pasti!”, itu artinya adit telah menentang pernyataanya sendiri dengan memastikan bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang pasti. Lantas apa maksud logis dari pernyataan adit yang terakhir? Dan sebenarnya, apakah didunia ini ada kepastian jika kepastian tersebut bersifat tidak pasti dan ketidakpastian itu sendiri diklaim atasnama kepastian?

Paradox Mesin waktu
Nobita pergi ke masa depanmenggunakan mesin waktu Doraemon. Di masa depan, ia menemukan buku teori berjudul “X” yang ditulis oleh muridnya sendiri yang bernama Nabisuke. Ketika kembali ke masanya, Nobita memberitahu teori yang belum ditemukan itu di masa nabisuke muda. Kelak ketika dewasa, nabisuke menulis buku teori berjudul “X” yang didapatkan dari gurunya, Nobita. Namun sebuah misteri timbul. Darimana asal teori tersebut?, yang jelas bukan dari nobita, karena nobita mendapatkanya dari Nabisuke dewasa di masa depan. Dan juga teori tersebut tidak ditemukan oleh Nabisuke dewasa karena Nabisuke muda mendapat teori tersebut dari gurunya di masa muda, nobita yang mengunjungi masa depan.

Paradox
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>